Tidur Sehat

tidursehat.blogspot.com

Tidur sehat merupakan blog yang mencoba membantu anda untuk memenuhi kulitas tidur yang sempurna. Kami akan mencoba memberikan solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan anda mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan istirahat anda karena kami yakin dengan istirahat yang sempurna maka anda dapat melakukan kegiatan sehari-hari anda dengan sangat sempurna.

Kurang Tidur?? Awas Serangan Flu



Tidur nyenyak di malam hari merupakan satu cara terbaik mencegah flu. Sebuah studi menunjukkan, orang-orang yang tidur kurang dari 7 jam setiap malam, 3 kali lebih mudah terserang flu daripada mereka yang tidur paling tidak 8 jam sehari.

Tidur perangi flu

Dalam studi yang melibatkan 153 laki-laki dan perempuan sehat sebagai partisipan. Masing-masing partisipan membuat catatan mengenai kebiasaan tidur mereka selama 14 hari. Mulai dari berapa lama dan berapa nyenyak mereka tidur di malam sebelumnya serta apakah mereka merasa sudah cukup beristirahat.

Setelah 14 hari, para partisipan dikarantina, diberikan tetes hidung yang mengandung virus penyebab flu (rhinovirus), serta memonitor selama 5 hari untuk melihat munculnya gejala-gejala flu.

Hasilnya menunjukkan, mereka yang rata-rata tidur kurang dari 7 jam setiap malam memiliki risiko 3 kali lebih mudah terserang flu daripada mereka yang melaporkan tidur 8 jam atau lebih setiap malam, pada minggu-minggu sebelum dilakukan penelitian.

Kualitas, bukan masalah kuantitas

Tidur bukan hanya masalah kuantitas. Persentase waktu yang dihabiskan untuk benar-benar tidur, juga sangat penting.

Sebagai contoh, mereka yang menghabiskan 92% waktu mereka di tempat tidur untuk terbaring atau tertidur, 5 1/2 kali lebih mudah terserang flu daripada mereka yang menghabiskan 98% waktunya di tempat tidur untuk benar-benar tidur. Merasa cukup beristirahat, tidak dikaitkan dengan kemungkinan terserang flu.

Para peneliti menulis "hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa tidur berperan sebagai penyebab kerentanan terserang flu."

0 comments:

Post a Comment